Rabu, 02 Januari 2013

CATATAN ATAS LAPORAN KEUANGAN

Tujuan Pernyataan Standar Catatan atas Laporan Keuangan adalah mengatur penyajian dan pengungkapan yang diperlukan pada Catatan Atas Laporan Keuangan

Tujuan Penyajian CALK untuk meningkatkan transparansi Laporan Keuangan dan penyediaan pemahaman yang lebih baik atas informasi keuangan pemerintah

Ruang Lingkup :
1. Laporan Keuangan untuk tujuan umum untuk entitas pelaporan
2. Laporan Keuangan yang diharapkan menjadi Laporan Keuangan untuk tujuan umum oleh entitas
    yang bukan merupakan entitas pelaporan


Ketentuan Umum :
   - Setiap entitas pelaporan diharuskan untuk menyajikan Catatan atas Laporan Keuangan sebagai
     bagian yang tak terpisahkan dari laporan keuangan untuk tujuan umum.
   - Catatan atas Laporan Keuangan dimaksudkan agar laporan keuangan dapat dipahami oleh
     pembaca secara luas, tidak terbatas hanya untuk pembaca tertentu ataupun manajemen entitas
     pelaporan.
   - Laporan Keuangan mungkin mengandung informasi yang dapat mempunyai potensi
     kesalah-pahaman di antara pembacanya.
   - Kesalahpahaman dapat saja disebabkan oleh persepsi dari pembaca laporan keuangan.
   - Perlunya pengungkapan basis akuntansi dan kebijakan akuntansi yang diterapkan akan membantu
     pembaca menghindari kesalahpahaman dalam memahami laporan keuangan

Struktur dan Isi :
   - Catatan atas Laporan Keuangan harus disajikan secara sistematis.
     Setiap pos dalam Laporan Realisasi Anggaran, Neraca, Laporan Operasional dan dan Laporan
     Arus Kas harus dapat mempunyai referensi silang dengan informasi terkait dalam Catatan atas
     Laporan Keuangan.
   - Catatan atas Laporan Keuangan meliputi penjelasan atau daftar terinci atau analisis atas nilai suatu
     pos yang disajikan dalam seluruh komponen laporan keuangan
   - CaLK  menyajikan informasi yang diharuskan dan dianjurkan oleh Pernyataan Standar Akuntansi
     Pemerintahan serta pengungkapan-pengungkapan lainnya yang diperlukan untuk penyajian yang
     wajar atas laporan keuangan, seperti kewajiban kontinjensi dan komitmen-komitmen lainnya.

Catatan atas Laporan Keuangan menyajikan informasi tentang penjelasan pos-pos laporan keuangan dalam rangka pengungkapan yang memadai, mengenai:
   - Informasi umum tentang Entitas Pelaporan dan Entitas Akuntansi;
   - Informasi tentang kebijakan fiskal/keuangan dan ekonomi makro;
   - Ikhtisar pencapaian target keuangan selama tahun pelaporan, berikut kendala dan hambatan yang
     dihadapi dalam pencapaian target;
   - Informasi tentang dasar penyusunan laporan keuangan dan kebijakan-kebijakan akuntansi yang
     dipilih untuk diterapkan atas transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian penting lainnya;
   - Rincian dan penjelasan masing-masing pos yang disajikan pada lembar muka laporan keuangan;
   - Informasi yang diharuskan oleh Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan yang belum
     disajikan dalam lembar muka laporan keuangan;
   - informasi tambahan yang diperlukan untuk penyajian yang wajar, yang tidak disajikan dalam
     lembar muka laporan keuangan.






1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus

Artikel Terkait: :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...